Skip to main content

Melirik Tips Traveling ala 3M: Mudah, Murah, dan Menyenangkan



               
Traveling (sumber: https://goo.gl/L2efAK)

                Menurutku, dua hal yang menjadi pokok penting dalam melakukan perjalanan yaitu transportasi dan penginapan. Sebagai seorang mahasiswa (apalagi belum berpenghasilan), harga merupakan salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan ketika hendak melakukan perjalanan. Layaknya prinsip ekonomi, kita mencari harga yang paling minim, tapi sebisa mungkin mendapatkan kepuasan yang maksimal, itu juga yang menjadi prinsipku ketika hendak melakukan traveling. Dan ternyata, Traveloka merupakan aplikasi yang menjawab keinginanku ini. Traveloka merupakan aplikasi online yang cocok banget buat kita yang ingin traveling kemana aja karena tersedia banyak pilihan destinasi dengan harga terjangkau. Ada fasilitas reservasi hotel, pesan tiket pesawat, paket pesawat+hotel, kereta api, aktivasi & rekreasi, serta pulsa & paket internet. Hampir semua fasilitas tersebut udah aku coba, tapi yang paling sering adalah reservasi tiket pesawat. Nah, berikut ini review sekaligus sedikit tips perjalanan dari aku selama memakai Traveloka (dan ini sekaligus bahan IG-log juga, jadi reviewnya real, beneran dari pengalamanku seperti IG-log ku sebelum sebelumnya).

Berawal dari Keraguan menjadi Ketagihan

                Pertama kali mencoba Traveloka sekitar awal tahun 2014, ketika aplikasi online belum setenar saat ini. Saat itu libur semester dan aku hendak pulang ke kampung halamanku di Riau. Aku biasanya membeli tiket pesawat melalui travel agent, tetapi saat itu iklan Traveloka lagi sering banget muncul di mana-mana sehingga memunculkan rasa penasaranku. Jujur, waktu itu aku ragu banget untuk beli tiket lewat aplikasi ini. Aku takut penipuan, harganya bohongan, ribet mengoperasikannya atau salah memasukkan data, dan tentunya takut rugi karena biaya transport Jogja – Riau itu ga murah. Tapi seperti biasa, rasa penasaranku selalu lebih kuat sehingga aku nekad mencoba apapun resikonya. Dulu aku belum download aplikasi ini, hanya memesan lewat website resmi Traveloka. Tiba-tiba aku kaget karena selisih harga dengan agen cukup besar, di mana harga Traveloka jauh lebih murah dari agen  karena Traveloka kasih pilihan harga terbaik yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan. 
Tepat hari H keberangkatan, aku datang jauh lebih cepat karna masih takut terjadi apa-apa atau perlu mengurus sesuatu yang berkaitan dengan pembelian tiket online tersebut. Ternyata ketakutanku itu fail ketika aku sampai di bandara hingga masuk ke ruang tunggu dengan lancar, tanpa proses yang lama dan biaya tambahan apapun. Zuuupeerrrr!!! Sewaktu beli tiket di agen aku masih harus bayar airport tax di bandara (atau bayar apa gitu), sedangkan harga yang dicantumkan di web/aplikasi Traveloka sudah all payment. Lumayan, selisih harga tiketnya bisa dialokasikan untuk beli oleh-oleh di tempat wisata tujuan.
Solo traveling di Batu Cave, pesan tiketnya pakai Traveloka

Semenjak saat itu, aku ga takut lagi untuk pesan tiket dari Traveloka bahkan tidak hanya untuk keperluan tiket perjalanan dalam negeri saja, untuk keperluan beli tiket ke luar negeri pun aku percayakan ke Traveloka. Masih ingat ga ketika aku melakukan solo traveling ke Malaysia dan Singapura, itu pesannya lewat Traveloka. Awalnya aku mencoba tanya di agen dekat kos, ternyata harga tiketnya berdasarkan currency Malaysia dan harus dikonversi ke Rupiah, tentu jadinya harga tiket jauh lebih mahal. Alhasil, aku pesan tiket  pesawat sekaligus hotel ke Malay lewat Traveloka. Beneran guys… harganya jauh lebih murah meskipun sudah konversi rupiah. Aku benar-benar semakin ketagihan pesan di Travelokaaaaa hingga saat ini pakai Traveloka.

Traveling tanpa ribet, ya Traveloka

Tidak hanya memberikan harga terbaik, tetapi proses pemesanannya juga cepat dan mudah banget. Caranya cukup download aplikasi Traveloka terlebih dahulu lalu silahkan registrasi kalau belum memiliki akun. Selanjutnya, pilih fasilitas yang mau digunakan, untuk contoh kali ini yaitu opsi Flight (penerbangan). Isi detail asal dan tujuan keberangkatan, tanggal, jumlah penumpang, dan jenis kelas seat nya, lalu pencarian sehingga akan muncul semua daftar harga yang bisa kamu sortir atau disaring sesuai kebutuhan, kemudian Isi kontak detail penumpang, dilanjutkan hingga pembayaran. Untuk pembayaran sendiri terdapat banyak pilihan cara pembayaran yang memudahkan kita. 
Berbagai macam fasilitas layanan dari Traveloka

Sebelum hari H keberangkatan, aplikasi ini bakal mengingatkan jadwal keberangkatan kita juga. Bahkan, ketika tinggal beberapa jam lagi, Traveloka juga kasih flight reminder, jadi ga perlu bikin alarm pengingat, udah diingetin sebelumnya sama traveloka (that’s why better download aplikasi dan pesan dari sana dibanding pesan lewat web, sih menurutku ). Kita juga ga perlu cetak tiket karena cukup menunjukkan orderan di aplikasi ataupun email. Sangat gampang, bukan? Cocok banget buat kita yang suka simple, mudah, ataupun ga ribet.


Jatuh Cinta pada Pengalaman Pertama
Kapan ya  jalan-jalan lagi?

3 tahun sudah aku setia memakai Traveloka, selalu puas dengan fasilitas dan layanannya sehingga bikin betah dan ga mau berpaling hati. Bahkan sejak pertama kali coba Traveloka, aku terkaget-kaget karena buat aku it’s something new that made me so satisfy. Aku juga menyarankan teman, saudara, tetangga yang masih ragu pakai aplikasi online untuk memakai Traveloka. Tidak hanya pesawat dan hotel, banyak fasilitas lain yang disediakan seperti kereta api, pulsa dan paket internet, serta rekreasi dan aktivitas. Selain itu, banyak promo dan paket yang ditawarkan oleh Traveloka dan tentunya sangat memanjakan perjalanan kita. Tiket yang dipesan bisa reschedule (ganti jadwal) sama direfund dengan mudah juga, lho. Kurang apalagi coba??!!! Jadi, ini merupakan salah satu tips solo traveling ala ku yang bikin save budget dan ga ribet. So, ga perlu takut lagi untuk mencoba guys, ini aman dan tidak menipu. Traveling kemana aja, kapan saja jadi bisa dengan Traveloka. Mudah, murah, dan menyenangkan, paket lengkap banget, deh!

Sekian dulu blog kali ini. Kalau ada yang mau nanya-nanya boleh lewat DM IG atau komentar di bawah. Ntar aku juga bakal bikin IGlog tutorial order di Traveloka kayak IGlog aplikasi lainnya yang pernah kubahas. Dan untuk topik IG log lainnya boleh kasih rekomendasi bahas apa yak. Makasihh.

Comments

  1. Hai kawan sudah tau untuk kamu pecinta drama korea, saat ini ada aplikasi yang namanya MYDRAKOR bisa kamu download di GooglePlay gratis. MYDRAKOR banyak film drama korea pilihan dan film terbaru, MYDRAKOR aplikasi terbaik untuk nonton film drama korea.

    https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main

    https://www.inflixer.com/

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pacaran Sama Orang Jepang (Alasan Mengapa Cowok Jepang Kurang Menarik)

Note: Tulisan ini bersumber dari SpinJapan.net  dengan judul " 6 Reason Why Japanese Men Are Not Attractive dengan penambahan beberapa curhatan dari aku. Aku bikin ini karna banyak  yang nanya "kok bisa pacaran dengan orang Jepang", "gimana ceritanya", "gimana putusnya", dan lainnya.  Dulu-dul u aku belum berani  buka-bukaan , tapi sekarang  akan aku coba  " speak speak" pelan-pelan deh :')  "Ah pengen banget nih punya pacar orang Jepang" Eitsss, tapi tunggu dulu. Kamu harus siap dengan 6 hal berikut ini.  Di sini murni sharing pengalaman dan aku kombinasikan dengan tulisan Spin Japan. Tentunya bisa saja berbeda dengan pengalaman orang lain karena pacaran dengan cowok Indonesia saja bisa berbeda-beda satu sama lain, bukan? Ada banyak artikel di Internet yang mengatakan bahwa pria Jepang tidak begitu menarik bagi banyak wanita di seluruh dunia, sedangkan wanita Jepang sangat populer. Mengapa demikian? Seben

Sepenggal Pengalaman KKN PPM UGM K2 (di Luar Pulau Jawa) #1

 AKHIRRRNYAAAA!!! Setelah hibernasi terlalu lama saya bisa kembali lagi ke dunia blog ini. Postingan blog sebelumnya 80% sudah didelete dan mau memperbaharui blog sekarang dengan bahasa yang agak lebih mudah dimengerti, meskipun kontennya mirip-mirip dengan yang kemaren. Hmm, sudah lama sepertinya terlalu banyak menjanjikan untuk nge-blog tapi tidak terealisasi oleh semua penghalang yang ada, hingga di satu titik tibalah keseloan untuk menunggu yang harus ditunggu (jawaban job) telah datang dan membuat aku jadinya banyak waktu kembali di depan laptop. Berhubung sebentar lagi mahasiswa semester 6 UGM mau langsungkan KKN, jadi topik saat ini adalah tentang KKN (Kuliah Kerja Nyata).  Mungkin yang dibahas di sini lebih ke pengalaman hari H, bukan persiapan seperti bentuk kelompok, cari dana, dll karena rasanya udah telat untuk bahas ini. Oke langsung aja ya di sini akan aku jabarkan pengalamanku KKN, apa yang harus dipersiapkan, cara menghadapi masalah di KKN, dan apa sa

Di Hari Wisuda maupun Pernikahan, Haruskah Perempuan Tampil dengan Riasan Manglingi?

               November merupakan moment wisuda di beberap kampus di Indonesia. Aku jadi teringat momen 17.05.17, momen penting yang kutunggu-tunggu setelah 3 tahun-an mengenyam pendidikan tinggi (a.k.a wisuda). Salah satu hal menarik yang selalu terjadi saat wisuda bukan saat pembagian ijazah ataupun pemakaian toga, tetapi penampilan para wisudawati. Entah bermula sejak kapan, konsep mangling selalu menjadi tren wisuda dari tahun ke tahun . Apa itu Konsep Manglingi ? Maksudnya adalah   konsep dandan yang bikin pangling, bikin terlihat berbeda dari aslinya, tampil cantik dan   glamour. Tentu saja tidak hanya sebatas riasan wajah saja, tetapi dari ujung rambut hingga ujung kaki secara detailnya sangat diperhatikan para calon wisudawati. Dan untuk berpenampilan seperti itu memakan jutaan rupiah, padahal untuk keperluan sehari saja. If you know, make up wisuda menelan biaya sekitar 250 rb – 1 jt :’) Jangan dikira murah boy make up begituan, apalagi make up nikah hehehe. Before-Af

7 Keindahan Tersembunyi Pulau Lombok yang Wajib Kamu Ketahui

         Tahun 2018 sudah dekat, tak sedikit dari kita ingin membuat Wishlist (daftar harapan) untuk dicapai di tahun mendatang. Salah satu yang tak boleh terlewatkan yaitu membuat rencana liburan bersama keluarga, teman, atau mungkin solo traveling ( self traveling)  untuk melepas kepenatan akan rutinitas.         Nah, kebetulan kali ini aku akan merekomendasikan tempat destinasi liburan terbaik di sisi timur Indonesia yang layak masuk daftar wishlist kamu tahun depan yaitu Pulau Lombok, si eksotik yang terkenal dengan “gili”nya. Pulau dengan luas 5.435 km2 ini menyimpan banyak keindahan alam yang dapat memanjakan dirimu.          Dua bulan berada di Lombok memberikan banyak hal baru sekaligus tempat yang mengagumkan bagi seorang pendatang seperti aku dan tim Pena Aikmel. Di sini akan aku bagikan destinasi wisata Lombok yang pernah kami kunjung dan recommended  buat kamu. Beberapa di antaranya masih jarang diketahui khalayak umum, lho . Tentunya sangat pas buat kamu yang in